• Pilihan CAT Tool untuk Penerjemah


    CAT tool merupakan salah satu software wajib bagi penerjemah untuk membuat mereka bekerja lebih efektif dan efisien. Seperti jenis software lainnya, ada begitu banyak pilihan CAT tool yang tersedia untuk digunakan, terutama dalam menyampaikan pesan dalam suatu teks ke bahasa yang berbeda. Software pendukung penerjemah ini memiliki berbagai fitur dan keunggulan tersendiri yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan penerjemah tersebut. Software ini bisa memiliki banyak fitur yang cukup kompleks dan ada alternatif lain dengan fitur minimalis yang menekankan kemudahan bagi penggunanya, terutama untuk pengguna awam. Inilah beberapa pilihan CAT tool yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah penerjemahan.

    SDL Trados
    CAT tool ini merupakan software pendukung penerjemah yang paling banyak digunakan, terutama untuk mengerjakan job dengan volume yang cukup besar. Sebagian besar agensi penerjemahan mensyaratkan penggunaan software ini untuk menerjemahkan teks, tentunya dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas dalam proses penerjemahan tersebut. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan software ini cukup fantastis karena bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun, harga tersebut sesuai untuk fitur dan keunggulan yang didapatkan oleh penggunanya. Software ini tidak hanya membantu penerjemah untuk menerjemahkan teks dengan lebih cepat, tetapi juga mengatur proyek terjemahan tersebut. Trados memberikan waktu 30 hari untuk mengevaluasi kualitas software ini secara gratis. Setelah itu, pengguna bisa memutuskan untuk membeli lisensinya.

    Wordfast
    Pilihan kedua ini lebih ramah pada pengguna awam karena fiturnya lebih sederhana dibandingkan dengan fitur di SDL Trados. Wordfast menawarkan fitur untuk mengatur translation memory maupun terminology yang dapat digunakan kembali untuk menerjemahkan teks. Bahkan, Wordfast menyediakan Wordfast Classic yang mampu terintegrasi dengan Microsoft Office. Hasilnya, pengguna bisa mengerjakan dokumen dengan lebih cepat dengan tampilan interface yang sudah familiar dengan mereka. Versi lain, Wordfast Pro, merupakan software yang 'berdiri sendiri' dan tidak terintegrasi dengan software lain. Popularitas Wordfast masih di bawah Trados dan harga software ini juga tidak semahal Trados. Wordfast juga tersedia dalam versi gratis, yaitu Wordfast Anywhere. Tetapi, pengguna harus selalu terkoneksi ke internet untuk menggunakan software gratis ini.

    MemoQ
    Pilihan ketiga yang bisa dimanfaatkan oleh penerjemah adalah MemoQ. Sama seperti Wordfast, MemoQ menawarkan kemudahan bagi penerjemah dengan fitur yang lebih user friendly. MemoQ bisa dimanfaatkan secara gratis selama 45 hari. Setelah 45 hari terserbut, MemoQ tetap masih bisa digunakan, tetapi ada pembatasan fitur yang bisa digunakan.


    Selain ketiga software tersebut, tentunya masih banyak pilihan CAT tool yang bisa dimanfaatkan penerjemah untuk meringankan pekerjaannya. CAT tool memang biasanya dijual dengan harga yang cukup fantastis, tetapi harga tersebut sesuai dengan hasil yang didapatkan oleh penerjemah, terutama untuk meningkatkan mutu terjemahannya. Namun, CAT tool gratisan juga masih bisa diandalkan untuk membantu proses alih bahasa tersebut.
  • 0 comments:

    Posting Komentar