• Manfaat Menggunakan CAT Tool Bagi Penerjemah



    Penggunaan CAT tool memberikan perbedaan yang signifikan pada penerjemah, terutama dalam proses alih bahasa tersebut? Perangkat lunak ini memang ditujukan sebagai alat bantu penerjemah untuk meringankan pekerjaannya. Setiap profesi tentu harus ditunjang dengan software tersendiri dan CAT tool merupakan pilihan tepat khusus bagi penerjemah. Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan alat bantu penerjemah ini?

    Mempercepat proses penerjemahan
    Untuk menerjemahkan dokumen dengan volume besar dan deadline yang cukup ketat, penggunaan CAT tool bisa menjadi pilihan tepat. CAT tool dilengkapi dengan fitur untuk mengatur translation memory dan terminology. Setiap terjemahan yang tersimpan dalam translation memory tersebut bisa meringankan tugas penerjemah karena kalimat yang sama dalam satu segmen tidak perlu diterjemahkan dua kali dan kalimat yang hampir sama hanya perlu diedit. Dengan bantuan daftar terminology, penerjemah bisa mengerjakan suatu istilah dengan konsisten karena mereka tidak perlu mengingat begitu banyak istilah. Selain itu, CAT tool menyediakan interface yang jauh lebih efektif untuk mendukung proses terjemahan. Dokumen dibagi dalam segmen dan satu segmen terbagi menjadi teks sumber dan teks sasaran.

    Meningkatkan kualitas terjemahan
    Selain membuat terjemahan lebih cepat dikerjakan, kualitas terjemahan juga bisa ditingkatkan dengan bantuan CAT tool. Salah satu fungsinya adalah menjaga konsistensi penggunaan terjemahan suatu istilah dalam teks. Konsistensi dalam penggunaan istilah adalah faktor penting dalam dokumen teknis. Dokumen tersebut membutuhkan perlakuan khusus karena memiliki banyak istilah teknis dan berbeda dengan penerjemahan karya sastra yang lebih fleksibel. CAT tool juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk mengoreksi kesalahan ketik.

    Mempermudah pengeditan terjemahan
    Jika terjemahan sudah selesai dikerjakan, proses selanjutnya adalah editing. Dengan bantuan CAT tool dengan interface yang membagi dokumen menjadi banyak segmen, proses pengeditan bisa menjadi lebih mudah dan cepat karena setiap segmen menampilkan teks sumber dan teks sasaran dalam dua bahasa yang berbeda. Penerjemah bisa lebih leluasa untuk membandingkan terjemahannya dengan teks sumber dan menemukan kesalahan yang perlu diedit dengan lebih cepat.

    Mempermudah penerjemah mendapatkan order terjemahan
    Jika penerjemah mencari order terjemahan melalui agensi penerjemah, agensi tersebut biasanya memberikan syarat tambahan berupa penguasaan jenis CAT tool tertentu. Penggunaan software tersebut tentu sangat beralasan karena agensi mengerjakan order dalam volume besar dengan deadline sangat singkat dan order tersebut dikerjakan oleh beberapa penerjemah sekaligus. CAT tool yang paling sering digunakan oleh agensi adalah Trados. Sampai saat ini, popularitas Trados memang sulit diungguli.
  • 0 comments:

    Posting Komentar