Kenapa Tarif Penerjemah Tersumpah Bisa Jadi Mahal?

Tarif penerjemah tersumpah saat ini sangat tinggi, terlampau jauh dengan tarif penerjemah biasa. Hal tersebut tentu saja sesuai dengan tingkat kesulitan dari pekerjaan, terutama dokumen yang diterjemahkan. Penerjemah tersumpah juga memikul tanggung jawab mengenai kebenaran isi dokumen yang mereka terjemahkan karena menyertakan tanda tangan beserta capnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tarif penerjemah tersumpah, ada baiknya Anda lebih mengenal profesi penerjemah tersumpah itu sendiri. Di bawah ini ada sedikit ulasan mengenai profesi penerjemah tersumpah. Ada pula ulasan tarif dari jasa penerjemah tersumpah.

Profesi Penerjemah Tersumpah
Apabila seseorang berprofesi sebagai penerjemah tersumpah, orang tersebut telah lulus dari ujian kualifikasi Universitas Indonesia. Gelar penerjemah tersumpah memang hanya bisa didapat jika seseorang telah berhasil lulus dari ujian yang diselenggarakan oleh fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Lulusnya pun tidak sembarangan. Harus dengan minimal nilai A atau nilai 80.

Pelantikan penerjemah tersumpah dilakukan oleh Gubernur DKI  Jakarta. Setelah dilantik, para penerjemah tersumpah akan memperoleh sertifikat yang menjadi bukti bahwa ia telah menyandang gelar tersebut. Proses tersebut akan dilanjutkan lagi dengan mendaftarkan tanda tangan mereka di kedutaan-kedutaan negara. Dengan demikian, jika suatu hari jasa mereka digunakan, proses validasi akan berjalan dengan lebih mudah.

Kami menyediakan jasa translate akurat dan profesional, pilihan tepat untuk dokumen penting Anda. Untuk pemesanan, silakan hubungi WhatsApp 0812-1506-0824 atau langsung klik wa.me/6281215060824

Ada beberapa hal yang membedakan penerjemah tersumpah dengan penerjemah pada umumnya. Beberapa perbedaan tersebut ialah:

Dokumen yang diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah memiliki keabsahan yang sama dengan dokumen aslinya. Dokumen tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan jika telah mendapatkan persetujuan dari Kementrian Luar Negeri.  Tidak demikian halnya dengan dokumen yang diterjemahkan oleh penerjemah biasa.

Dokumen dan data-data lain yang Anda serahkan ke penerjemah tersumpah akan terjaga kerahasiaannya. Para penerjemah tersumpah tentu akan bekerja secara lebih profesional dibandingkan dengan penerjemah biasa. Penerjemah tersumpah juga memiliki kode etik pekerjaan yang tidak akan mereka langgar.

Hasil terjemahan yang dilakukan oleh penerjemah tersumpah tentu memiliki kualitas yang lebih baik. Mereka telah lulus ujian dan tentu saja telah menerjemahkan berbagai macam dokumen dari berbagai bahasa. Penerjemah tersumpah tidak akan menggunakan bantuan tool penerjemah, sehingga arti dan makna dari dokumen yang diterjemahkan akan terjaga dan konsisten.

Penerjemah tersumpah akan meneliti hasil terjemahan mereka berulang kali sebelum menyerahkannya kepada klien. Namun, bisa jadi masih ada kemungkinan terjadinya kesalahan. Jika Anda menggunakan jasa penerjemah tersumpah, maka perbaikan-perbaikan terjemahan yang ada kaitannya dengan dokumen tersebut tidak akan membutuhkan biaya lagi.

Tarif Penerjemah Tersumpah
Tarif yang dipatok oleh jasa penerjemah tersumpah sangat beragam. Bergantung pada tingkat kesulitan bahasa yang akan diterjemahkan. Semakin tinggi tingkat kesulitan dari bahasa yang akan diterjemahkna, tentu tarif yang dipatokpun akan semakin tinggi. Namun anda tidak perlu ragu, karena hasil terjemahan yang dilakukan oleh penerjemah tersumpah memiliki kualitas yang baik.

Berikut rincian tarif terjemahan dalam Peraturan Menteri Keuangan yang dapat dijadikan acuan juga untuk terjemahan tersumpah.

Bahasa Sumber
Bahasa Sasaran
Tarif
Satuan
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Rp 152.000,00
Halaman jadi
Bahasa Jepang
Bahasa Indonesia
Rp 238.000,00
Halaman jadi
Bahasa Mandarin
Bahasa Indonesia
Rp 238.000,00
Halaman jadi
Bahasa Belanda
Bahasa Indonesia
Rp 238.000,00
Halaman jadi
Bahasa Prancis           
Bahasa Indonesia
Rp 173.000,00
Halaman jadi
Bahasa Jerman
Bahasa Indonesia
Rp 173.000,00
Halaman jadi
Bahasa asing lainnya
Bahasa Indonesia
Rp 238.000,00
Halaman jadi
Bahasa daerah
Bahasa Indonesia
Rp 120.000,00
Halaman jadi

Itulah sedikit gambaran mengenai profesi penerjemah tersumpah dan juga tarif penerjemah tersumpah untuk berbagai pasangan bahasa.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Whatsapp-Button