• Mendapatkan Proyek Penerjemahan Secara Online


    Di era informasi, internet menjadi salah satu kebutuhan paling penting, terutama untuk bekerja secara freelance. Mendapatkan order atau proyek terjemahan secara online bisa dilakukan secara mudah dengan adanya informasi yang melimpah di internet selama penerjemahnya memiliki keahlian yang memadai dalam bidang bahasa, penerjemahan, maupun “marketing” (karena jasa tanpa pemasaran yang baik tidak akan memberikan hasil maksimal). Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan proyek penerjemahan dari internet.

    Gunakanlah email yang profesional
    Email adalah salah satu media komunikasi utama yang digunakan terutama untuk menerima proyek penerjemahan karena proyek tersebut dikirimkan dalam bentuk file (pdf, doc, ppt). Untuk memberikan kesan profesional, penerjemah perlu menggunakan nama akun email yang tidak aneh-aneh atau terkesan alay. Akan jauh lebih baik jika penerjemah menggunakan nama aslinya sebagai akun email atau menambahkan kata “translator” atau “penerjemah” pada akun tersebut.

    Tetapkan tarif yang wajar
    Untuk saat ini, tarif acuan resmi yang berlaku bagi pasangan bahasa Inggris – bahasa Indonesia adalah Rp 152.000,00 (seratus lima puluh dua ribu rupiah) per lembar atau sekitar Rp 600,00 (enam ratus rupiah) per kata. Namun, untuk mendapatkan proyek penerjemahan pertama, penerjemah pemula biasanya mematok tarif lebih murah dari penerjemah senior.

    Penerjemah perlu berhati-hati dalam menentukan tarif pertamanya karena tarif yang terlalu murah atau tidak masuk akal bisa memberikan kesan tidak profesional dan menimbulkan kecurigaan. Tarif yang kelewat murah tidak membuat calon klien tertarik untuk menggunakan jasa penerjemah dan timbul kecurigaan. Semakin murah tarif yang ditetapkan pada pengguna jasa, semakin rendah kesan profesional yang diberikan penerjemah dan semakin rendah tingkat kepercayaan calon klien terhadap penerjemah.

    Banyak penerjemah senior berpengalaman dengan jam terbang tinggi mampu menjual jasanya dengan harga ratusan ribu per lembar untuk klien lokal dan mereka bisa mendapatkan banyak klien yang mau membayar dengan harga tersebut. Untuk penerjemahan di saat urgen, klien juga tidak segan untuk membayar 300 atau 400 ribu rupiah per lembar selama kebutuhannya terpenuhi.

    Buat website atau blog sendiri
    Website atau blog menjadi sarana penting untuk memasarkan jasa penerjemah, terutama jika Anda ingin membidik end client, bukan agensi. Cara membuat website atau blog relatif mudah karena sudah ada template sendiri yang bisa diedit atau disesuaikan berdasarkan keinginan pembuatnya. penerjemah bisa mempublikasikan kualifikasi dan portfolio di website tersebut untuk menarik calon klien.
  • 0 comments:

    Posting Komentar