• Menjamurnya Jasa Interpreting Bahasa

    Dewasa ini, banyak sekali orang menggunakan jasa interpreting untuk menangani masalah dalam urusan pekerjaan maupun pendidikan khususnya, terkait event yang mengharuskan penggunaan bahasa asing. Mungkin sebagian orang masih asing dengan jasa semacam ini. Banyak dari mereka masih kurang paham dengan apa yang dimaksud sebagai interpreting itu dan apa fungsinya. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai jasa interpreting bahasa, fungsi dan kegunaannya di dunia kerja sehingga banyak perusahaan/lembaga menggunakan jasanya.

    Pengertian jasa interpreting bahasa
    Pada dasarnya, jasa interpreting bahasa adalah jasa profesional untuk membantu Anda dalam menjembatani perbedaan bahasa secara lisan. Jika Anda mendengar kata ‘translate’ atau ‘menerjemahkan’, yang Anda pikirkan adalah menerjemahkan sejumlah teks/dokumen berbahasa asing . Perbedaannya, jasa profesional ini tidak menerjemahkan bahasa asing dalam bentuk teks tertulis, tapi hanya dalam komunikasi lisan. Bisa disimpulkan bahwa interpreter berkerja layaknya juru bicara yang menerjemahkan bahasa Anda menjadi bahasa asing atau sebaliknya.

    Siapa saja yang menggunakan jasa interpreting bahasa?
    Jenis jasa penerjemah lisan ini biasanya banyak sekali digunakan oleh berbagai perusahaan besar maupun kecil, lembaga masyarakat, institusi pendidikan, maupun lembaga nirlaba yang sudah menjalin hubungan dengan berbagai perusahaan internasional/asing. Karena keterbatasan pemilik perusahaan sendiri maupun karyawannya dalam berbahasa asing, terutama dalam komunikasi lisan, mereka memilih untuk menggunakan jasa penerjemah lisan ini sebagai alat komunikasi dan mempelancar hubungan kerjasama dengan perusahaan asing. Jasa ini sudah banyak digunakan untuk beberapa acara, misalnya seminar, pelatihan, guide, meeting, interview, pengadilan, dan sebagainya.

    Fungsi dan kegunaan jasa interpreting
    Seperti yang dikatakan sebelumnya, jasa ini sering digunakan dalam dunia pekerjaan terutama untuk event internasional dengan tujuan sebagai berikut:
    a) Menerjemahkan bahasa asing dalam komunikasi lisan dengan mudah, cepat, dan akurat
    b) Sebagai sarana komunikasi lisan antara lembaga lokal dengan mitranya dari manca negara

    Keuntungan menggunakan jasa interpreting dalam dunia kerja
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jasa penerjemah bahasa lisan atau jasa interpreting mempunyai peranan yang besar dalam dunia kerja sebagai solusi komunikasi yang menjadikan bisnis dan kerjasama dengan perusahaan asing berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, banyak sekali perusahaan menggunakannya demi menjaga eksistensinya dalam persaingan bisnis maupun melakukan ekspansi bisnis.

    Dewasa ini, banyak sekali penyedia layanan penerjemah lisan, terutama di kota-kota besar. Semakin banyak penyedia jasa layanan interpreting ini, semakin sulit untuk memilih jasa yang bagus. Untuk memilih jasa interpreting yang bagus dan berkualitas, pastikan penyedia jasa yang Anda pilih sudah memiliki sertifikat resmi untuk membuktikan profesionalismenya. Sebagai salah satu profesi yang bergengsi, interpreter seharusnya dibekali dengan sertifikat dari lembaga profesi yang berwenang. Jika perlu, lihatlah harga yang ditawarkan dan sesuaikan dengan pelayanan atau fasilitas yang disediakan.

  • 0 comments:

    Posting Komentar