• Dari Mana Saja Penerjemah Bisa Bekerja?



    Penerjemah adalah salah satu profesi paling fleksibel. Profesi ini bisa dijalankan secara freelance dan bisa ditawrkan dengan sangat mudah di internet. Jasa penerjemah memang merupakan salah satu jasa yang umum ditawarkan di internet. Tetapi, penerjemah juga bisa bekerja tetap di suatu perusahaan dan menerima gaji bulanan layaknya pegawai lainnya.

    Bekerja dari rumah sebagai freelancer
    Jika penerjemah bekerja secara freelance, ini merupakan pilihan umum. Dengan bantuan internet, penerjemah bisa memasarkan jasanya dengan lebih leluasa dan lebih murah dibandingkan dengan metode tradisional seperti menyebar brosur. Jangkauannya tak terbatas, bahkan bisa menembus batas manca negara.

    Merupakan hal lumrah bagi penerjemah di Indonesia untuk bekerja dengan kliennya di luar negeri  (tentunya dengan bayaran lebih mahal) hanya dengan akses internet. Salah satu syarat utamanya memang adalah akses internet yang cepat dan stabil. Jadi, kapanpun terjemahan harus dikirimkan ke klien, terjemahan bisa terkirim tepat waktu. Tenggat waktu merupakan isu sensitif yang harus ditepati oleh penerjemah jika tidak ingin mendapatkan reputasi buruk. 
    Pengguna jasa penerjemah atau agensi penerjemah tidak pernah menanyakan dari mana penerjemah mengerjakan terjemahannya asal terjemahan tersebut diterima dengan hasil yang memuaskan. Kebanyakan penerjemah freelance bekerja dari rumahnya (home office) atau bekerja sambil menikmati liburan dan berwisata ke berbagai tempat.

    Jika penerjemah ingin bekerjasama dengan penerjemah freelance lainnya untuk mengerjakan suatu proyek yang cukup besar dan membuatnya kewalahan, kerjasama tersebut juga bisa dilakukan melalui internet tanpa harus bertatap muka langsung.

    Dengan memangkas waktu untuk perjalanan ke kantor, penerjemah bisa mendapatkan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar atau meluangkan waktu khusus untuk keluarga. Perjalanan ke kantor memang sangat menyikta waktu, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar. Di luar negeri, cara kerja seperti ini sudah menjadi hal yang lumrah.

    Secara sepintas, tidak sulit untuk memasarkan jasa penerjemah melalui internet. Namun, penerjemah harus siap bersaing untuk mendapatkan klien di dunia maya. Tidak sedikit penerjemah professional dan kompeten yang turut memasarkan jasanya di internet.

    Untuk pasar internasional, penerjemah bisa bekerjasama dengan agensi penerjemah yang jumlahnya mencapai ratusan atau ribuan. Dengan bantuan mesin pencari, tidak sulit untuk menemukan agensi yang mau memanfaatkan kemampuannya. Untuk pencarian yang lebih spesifik, penerjemah bisa mencarinya di forum penerjemah.

    Bekerja di Kantor SebagaI Penerjemah In-house

    Selain bisa bekerja sebagai freelancer, penerjemah juga bisa menjadi pegawai tetap untuk suatu perusahaan/institusi atau menjadi PNS.  Pilihan ini bisa diambil jika penerjemah ingin mendapatkan jaminan pasti atas masa depannya dan penghasilan stabil (terlepas dari besar kecilnya penghasilan tersebut).

    Untuk menempati posisi ini, syarat dan prosedurnya tidak jauh berbeda dengan lowongan kerja lainnya. Namun, penerjemah juga harus rela mengorbankan waktunya untuk melakukan rutinitas harian sebagai pekerja kantoran dan tidak bisa bebas menikmati liburan.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    ORDER VIA WHATSAPP