• Memberikan Layanan Terbaik untuk Membuat Klien Terkesan

    Saat klien menggunakan produk atau jasa profesional, mereka tidak hanya memberikan penilaian pada kuaitas yang melekat pada produk atau jasa yang ditawarkan. Klien akan merasa uang yang dikeluarkannya tidak sia-sia apabila mereka mendapatkan layanan terbaik atau setidaknya sesuai dengan standar minimal mereka. Tidak ubahnya produk yang mempunyai bentuk fisik, jasa penerjemah juga harus dipersembahkan dengan layanan terbaik, untuk kepentingan klien itu sendiri sekaligus menjaga reputasi penerjemahnya. Kualitas terjemahan yang sudah akurat dan memenuhi standar klien akan menjadi jauh lebih berkesan jika penerjemah mampu memberikan layanan terbaik bagi kliennya. Selain itu, terjemahan yang tarifnya mahal tidak akan terasa mahal jika penerjemah mampu memberikan terjemahan dan layanan terbaik sekaligus. Bagaimana penerjemah bisa memberikan layanan terbaik untuk membuat setiap kliennya terkesan?

    Respon Klien Secepat Mungkin
    Jika calon klien baru menanyakan tentang jasa penerjemah untuk kali pertama, baik melalui email, WhatsApp, atau channel lainnya, penerjemah perlu meresponnya secepat mungkin. Persaingan di dunia penerjemahan cukup ketat, apalagi di dunia online. Jika klien tidak segera mendapat jawaban dari seorang penerjemah, bukan tidak mungkin dia akan melirik penyedia jasa penerjemah lainnya dan penerjemah pun kehilangan kesempatan untuk memenangkan proyek baru yang mungkin nilainya jutaan rupiah. Tahap selanjutnya setelah klien mengajukan pertanyaan umum seputar jasa penerjemah biasanya adalah estimasi total biaya. Setelah mendapatkan estimasi harga, klien bisa memutuskan untuk menggunakan/tidak menggunakan jasa penerjemah. Untuk penentuan tarif berdasarkan jumlah kata sumber, penerjemah bisa segera memberikan estimasi harga karena hanya tinggal mengalikan jumlah katanya dengan tarif per kata. Berbeda dengan tarif berdasarkan total halaman jadi, klien hanya bisa mendapatkan kepastian harga di belakang setelah terjemahan jadi.

    Hindari Kesalahpahaman dalam Komunikasi dengan klien
    Setiap klien mempunyai karakteristik sendiri dan kebutuhannya pun beragam. Ada klien yang permintaannya sulit dipernuhi, ada klien yang tidak terlalu ribet. Terlepas dari perbedaan klien, penerjemah memang harus melayani semua klien dengan baik. Untuk memberikan pelayanan terbaik, komunikasi berperan sangat penting. Penerjemah harus bisa memahami dengan baik setiap kebutuhan atau keinginan klien. Setiap teks yang perlu diterjemahkan perlu perlakuan tersendiri sesuai dengan permintaan klien.

    Kerjakan Terjemahan Secepatnya
    Setelah klien mengkonfirmasi bahwa mereka jadi menggunakan jasa penerjemah atau sudah transfer Down Payment sesuai kesepakatan, penerjemah juga wajib segera mengerjakan terjemahan terutama jika tidak ada hal lain yang dikerjakan saat itu juga. Terjemahan akurat yang diberikan secara cepat (atau tidak melebihi batas waktu yang ditentukan) tanpa harus korbankan kualitas terjemahan sedikitpun akan menjadi hal yang sangat berkesan bagi klien. Bukan tidak mungkin jika klien akan merekomendasikan jasa yang pernah dipakainya karena terkesan dan pada akhirnya akan mendatangkan banyak klien baru. Berdasarkan pengalaman kami, repeat order dan rekomendasi dari klien sebelumnya sangat ampuh dalam mendatangkan proyek-proyek terjemahan baru. Bahkan, tidak sedikit klien yang menjadi pelanggan tetap dan rutin mengirim order terjemahan sampai belasan atau puluhan kali.

    Berikan After Sales Service
    Jasa penerjemah profesional bukanlah jasa murahan atau sepele yang dijual layaknya kacang goreng. Untuk menghadirkan kesan eksklusif dan membuat klien terkesan , jasa profesional perlu after sales service sehingga bisa memastikan klien mendapatkan solusi cepat seandainya ada masalah setelah terjemahan dokumen diterima. After sales service bisa diberikan dalam bentuk garansi yang berupa revisi gratis seandainya klien memerlukannya.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    ORDER VIA WHATSAPP