• Review Wordfast Pro: Salah Satu CAT Tool Ideal untuk Penerjemah

    Penguasaan CAT tool adalah salah satu syarat utama (meski tidak wajib) bagi penerjemah lepas dan salah satu rekomendasi software CAT tool terbaik dan termudah adalah Wordfast Pro. Wordfast sendiri terdiri dari dua versi, yaitu Wordfast Classic dan Wordfast Pro. Versi Wordfast Classic sendiri terintegrasi dengan software office. Wordfast Pro (yang dibahas dalam artikel ini) bersifat standalone dan tidak terintegrasi dengan software office mana pun. Pengguna bisa menjalakannya baik di Sistem Operasi Windows atau Linux dengan tampilan yang tidak terlalu rumit. Sebagai alat bantu bagi penerjemah, software ini sangat ampuh untuk meningkatkan produktivitas, performa, sekaligus penghasilan penerjemah pada akhirnya.

    Kenapa Memilih Wordfast Pro?
    Kami hanya menggunakan software Wordfast Pro sebagai alat bantu untuk mempercepat proses penerjemahan sekaligus menjaga kualitas terjemahan yang menjadi hak setiap klien/pengguna jasa. Jika dihitung sejak proyek-proyek awal yang kami kerjakan sejak tahun 2012, sudah ratusan proyek diselesaikan dan jutaan kata diterjemahkan dengan bantuan software ini. Karena sudah nyaman menggunakannya, kami jarang menggunakan software CAT tool lainnya karena klien kami adalah end user (pengguna akhir, bukan perantara) dan mereka tidak pernah meminta penerjemah untuk memakai CAT tool tertentu selain yang sudah dikuasai atau dimiliki sebelumnya. Berbeda jika penerjemah bekerjasama dengan biro penerjemah asing, penggunaan software Trados yang harganya cukup menguras isi kantong hampir tidak bisa dihindari. Biro penerjemah lokal jarang meminta penerjemahnya untuk menggunakan software CAT tool tertentu.

    Mudah Digunakan
    Wordfast Pro bisa disebut sebagai salah satu CAT tool yang ramah bagi penerjemah pemula karena mudah digunakan dan fiturnya tidak kalah bagus dengan software lainnya. Untuk menguasai software ini dan mengoptimalkan seluruh fiturnya, Anda cukup menonton video tutorialnya di YouTube, tidak perlu sampai mengkuti pelatihan. Tidak semua fitur Wordfast Pro perlu digunakan, tetapi fitur-fitur dasarnya sendiri sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan produktivitas secara signifikan.

    Murah/Gratis
    Dibandingkan Trados, harga Wordfast Pro sebenarnya jauh lebih murah, bahkan bisa gratis (untuk versi demo saja). Jika tidak mempunyai dana lebih, Anda bisa menggunakan Wordfast Pro versi demo selama bertahun-tahun tanpa perlu membeli lisensi produk ini. Tidak ada batasan waktu untuk menggunakan versi gratisannya. Salah satu perbedaan yang sangat terasa pada versi demo adalah batasan jumlah segmen dalam TM. Tetapi, kekurangan ini masih bisa sedikit diakali dengan menggabungkan beberapa translation memory sekaligus dengan software notepad bawaan dari OS Windows.

    Bagi penerjemah yang ingin lebih serius menekuni profesinya dan sanggup membeli software mahal, sebaiknya jangan tanggung-tanggung dalam berinvestasi. Jika memang ada dana lebih, investasikan untuk membeli software CAT tool, Wordfast Pro versi berbayar atau Trados yang harganya lebih mahal. Jika ingin menarget pasar internasional dan bekerjasama dengan biro penerjemah asing, Anda pasti akan sering diminta untuk menggunakan Trados sebagai salah satu syarat utamanya.


    Kendala dalam Penggunaan Wordfast Pro
    Ada sedikit kendala (yang sebenarnya tidak terlalu serius dan tidak terlalu berpengaruh pada kualitas terjemahan sebagai output). Fitur PDF converter (untuk mengkonversi file pdf ke doc yang bisa diedit dan nantinya dibagi menjadi banyak segmen) kadang-kadang tidak bisa digunakan atau malah tidak muncul saat software dibuka.

    Pengguna bisa menyimpan ribuan atau bahkan jutaan kosakata beserta terjemahannya ke Wordfast Pro dan kumpulan glossary tersebut bisa diakses secara otomatis saat menerjemahkan teks. Namun, jumlah glossary yang tersimpan kadang-kadang hilang (entah apa sebabnya). Untuk mengatasinya, simpanlah glossary secara berkala dengan mengekspor ke format txt.
  • 0 comments:

    Posting Komentar