• Memahami Klien untuk Memberikan Pelayanan Terbaik

    Sebagai penyedia jasa profesional, salah satu faktor utama yang harus diperhatikan setiap penerjemah lepas adalah pelayanan. Dengan memberikan pelayanan terbaik, klien akan merasa puas dengan hasilnya, dan akhirnya melakukan repeat order atau merekomendasikan ke rekannya. Sebelum memberikan pelayanan optimal dan terbaik, penerjemah tentu harus mengetahui setiap detail dari apa yang diinginkan oleh calon klien. Dengan mengetahui kebutuhannya sejak awal bahkan sebelum terjadi kesepakatan, pelayanan akan lebih tepat sasaran dan memuaskan klien. Untuk memahami klien dan memberikan pelayanan terbaik pada akhirnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan penerjemah.

    Memposisikan diri sebagai klien
    Untuk bisa memahami klien dengan lebih baik, penerjemah perlu membayangkan dirinya sebagai klien. Setiap klien memiliki latar belakang, tujuan, dan kebutuhan berbeda terkait jasa penerjemah yang akan digunakannya. Pelayanan pun harus disesuaikan dengan setiap klien untuk memberikan hasil terbaik. Direktur dan dosen tentu memiliki kebutuhan yang jauh berbeda dalam menggunakan jasa penerjemah. Bahasa yang digunakan untuk dokumen korporat memiliki gaya berbeda dengan teks-teks ilmiah untuk keperluan akademik. Dokumen penting di perusahaan biasanya harus segera diterjemahkan dengan cepat karena faktor urgensi dan prinsip ‘waktu adalah uang’. Kebutuhan mahasiswa pun berbeda. Meskipun tetap menginginkan terjemahan berkualitas, mereka biasanya menghendaki harga lebih murah yang disesuaikan dengan budget terbatasnya. Negosiasi harga sendiri juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial klien dan kesanggupan penerjemah untuk menerima harga lebih murah.

    Fokus utama pada klien
    Saat berhadapan dengan calon klien, penerjemah harus fokus pada setiap persyaratan yang diajukan klien sekaligus berupaya memenuhinya. Jika penerjemah ingin memberikan masukan atau menambahkan sesuatu yang mungkin tidak diminta klien, hal tersebut harus dikomunikasikan dahulu. Dalam kasus ini, kebutuhan klien adalah hal utama dan mutlak harus dipenuhi apa adanya.

    Menawarkan solusi sesuai kebutuhan
    Saat semua kebutuhan dan persyaratan dari klien sudah diketahui, penerjemah bisa menawarkan solusi untuk kliennya. Setelah terjadi kesepakatan, komunikasi antara klien dan penerjemah juga sebaiknya masih harus dilakukan. Sewaktu-waktu ada kendala terkait pekerjaan, penerjemah bisa segera mengkomunikasikan dengan klien dan menemukan solusi secepatnya.
  • 0 comments:

    Posting Komentar