Mengenal 4 Part of Speech dalam Bahasa Inggris (Noun, Verb, Adjective, Adverb)

Saat mempelajari bahasa tertentu, termasuk bahasa Inggris, kita menjumpai ribuan kata yang terbagi dalam berbagai kategori. Kita mengenal beberapa jenis kata, misalnya kata benda, sifat, kerja, keterangan, dan sebagainya. Setiap kata tergabung ke suatu kategori dengan fungsi yang berbeda dengan kategori lainnya. Dalam bahasa Inggris, pengelompokan kata ini lebih dikenal dengan istilah part of speech. Artikel ini fokus pada pembahasan empat part of speech utama, yaitu noun, verb, adjective, dan adverb.

Noun (Kata Benda)

Noun adalah kata yang digunakan untuk menyebutkan orang, tempat, benda, atau konsep abstrak. Noun bisa berupa benda nyata (table, house, book) atau bisa juga berupa benda abstrak (happiness, love, and freedom). Noun juga bisa berbentuk tunggal (tree, leaf, fruit) atau jamak (trees, leaves, fruits). Noun juga dapat berperan sebagai subjek (pelaku tindakan) atau objek dalam kalimat.

Contoh kalimat dengan noun: The dog runs in the garden.

Verb (Kata Kerja)

Verb adalah kata yang mengungkapkan tindakan, proses, atau keadaan. Verb digunakan untuk menggambarkan apa yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Contoh kata kerja meliputi run, eat, speak, see, think. Verb sering diikuti oleh objek yang menerima tindakan.

Contoh kalimat dengan verb: She cooks in the kitchen.

Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata yang memberikan informasi tambahan tentang noun atau pronoun dalam kalimat. Adjective digunakan untuk menjelaskan sifat atau karakteristik dari suatu benda atau orang. Adjective dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan, seperti what and how. Contoh kata sifat termasuk big, beautiful, smart, friendly, tall. Adjective biasanya ditempatkan sebelum noun yang diterangkan,  misalnya pada frase beautiful flower.

Adverb (Kata Keterangan)

Adverb adalah kata yang memberikan informasi tambahan tentang verb, adjective, atau adverb lainnya dalam kalimat. Adverb menjelaskan bagaimana, di mana, kapan, atau sejauh apa suatu tindakan dilakukan. Contoh kata keterangan meliputi quickly, carefully, secretly. Beberapa adverb dibentuk dengan menambahkan akhiran -ly pada adjective, misalnya dari quick menjadi quickly.

Contoh kalimat dengan adverb: She runs quickly.

Singkatnya, noun adalah kata benda yang merujuk pada orang, tempat, atau benda, verb adalah kata kerja yang menggambarkan tindakan atau keadaan, adjective adalah kata sifat yang menjelaskan sifat dari benda atau orang, dan adverb adalah kata keterangan yang memberikan informasi tambahan tentang tindakan, adjective, atau adverb dalam kalimat.


Jenis-jenis Noun

Common Noun (Kata Benda Umum)

Common noun merujuk pada orang, tempat, benda, atau konsep yang umum dan tidak secara khusus mengacu pada entitas tertentu. Contohnya adalah book, table, cat, city, school

Proper Noun (Kata Benda Khusus)

Proper noun merujuk pada nama orang, tempat, atau benda tertentu yang dijadikan sebagai entitas yang spesifik. Proper noun selalu ditulis dengan huruf capital, misalnya John, Paris, Eiffel Tower, Microsoft, Indonesia.

Concrete Noun (Kata Benda Konkret)

Concrete noun merujuk pada benda yang dapat dilihat, didengar, diraba, dicium, atau dirasakan secara konkret. Contohnya adalah car, house, food, bird, ball. 

Abstract Noun (Kata Benda Abstrak)

Abstract noun merujuk pada konsep, ide, atau kualitas yang tidak dapat dilihat atau diraba secara konkret. Contohnya meliputi freedom, love, happiness, justice, wisdom. 

Countable Noun (Kata Benda Dapat Dihitung)

Countable noun merujuk pada benda yang dapat dihitung secara individual dan dapat memiliki bentuk tunggal (singular) atau jamak (plural), seperti pada kata book (tunggal) dan books (jamak).

Uncountable Noun (Kata Benda Tidak Dapat Dihitung)

Uncountable noun merujuk pada benda yang tidak dapat dihitung secara individual atau tidak memiliki bentuk jamak, misalnya water, sand, love, wisdom, information. 

Collective Noun (Kata Benda Kolektif)

Collective noun merujuk pada sekelompok orang atau benda yang dianggap sebagai satu kesatuan, misalnya family, troop, team.

Possessive Noun (Kata Benda Milik)

Possessive noun merujuk pada benda yang menunjukkan kepemilikan atau hubungan kepemilikan, contohnya my book, their house, his father.


Jenis-jenis Verb

Action Verb (Kata Kerja Tindakan)

Action verb merujuk pada kata kerja yang menggambarkan tindakan fisik atau mental yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat, misalnya write, eat, run, talk, read. 

Transitive Verb (Kata Kerja Transitif)

Transitive verb merujuk pada kata kerja yang membutuhkan objek untuk melengkapi maknanya. Objek tersebut menerima tindakan yang dilakukan oleh subjek. Contohnya adalah cook food, read book, send letter, solve problem.

Intransitive Verb (Kata Kerja Intransitif)

Intransitive verb merujuk pada kata kerja yang tidak membutuhkan objek untuk melengkapi maknanya, misalnya run, smile, fly, come. 

Linking Verb (Kata Kerja Penghubung)

Linking verb merujuk pada kata kerja yang menghubungkan subjek dengan kata sifat (adjective) atau kata benda (noun) yang menjelaskan subjek. Linking verb tidak menggambarkan tindakan, tetapi menghubungkan subjek dengan informasi tambahan. Contohnya meliputi become, seem, feel. 

Modal Verb (Kata Kerja Modal)

Modal verb merujuk pada kata kerja yang digunakan bersama dengan kata kerja utama untuk mengekspresikan kemungkinan, kemampuan, izin, kewajiban, dan niat. Contohnya adalah can, may, must, should, will.

Auxiliary Verb (Kata Kerja Bantu)

Auxiliary verb atau kata kerja bantu digunakan bersama dengan kata kerja utama untuk membentuk berbagai bentuk kalimat seperti kalimat tanya, negatif, bentuk lampau, dan kondisional. Contohnya meliputi  to be, have, do, will, can.

Phrasal Verb (Kata Kerja Frasa)

Phrasal verb merujuk pada kombinasi kata kerja dengan partikel (preposisi atau adverb) yang mengubah makna kata kerja tersebut. Contohnya meliputi look up (mencari informasi), give up (menyerah), turn off (mematikan), dan take off (lepas landas).

Gerund (Gerundium)

Gerund adalah kata kerja yang diubah menjadi bentuk kata benda (noun) dengan menambahkan akhiran -ing. Gerund digunakan sebagai subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat. Contohnya seperti pada kalimat Reading (gerund) is my favorite hobby dan I enjoy (verb) swimming (gerund).


Jenis-jenis Adjective

Descriptive Adjective (Kata Sifat Deskriptif)

Descriptive adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan karakteristik atau sifat dari suatu benda atau orang, misalnya big, beautiful, smart, friendly, high.

Quantitative Adjective (Kata Sifat Kuantitatif)

Quantitative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk mengukur atau mengindikasikan jumlah atau kuantitas dari suatu benda atau orang, misalnya many, few, whole, hald, some.

Demonstrative Adjective (Kata Sifat Demonstratif)

Demonstrative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan atau menentukan suatu benda atau orang secara spesifik, misalnya this, that, these, those, there.

Possessive Adjective (Kata Sifat Milik)

Possessive adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau hubungan kepemilikan terhadap suatu benda. Possessive adjective sering digunakan sebelum kata benda. Contohnya meliputi his room, my car, their friend.

Comparative Adjective (Kata Sifat Perbandingan)

Comparative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan dua benda atau orang dalam hal sifat atau karakteristik. Comparative adjective biasanya ditambahkan dengan akhiran -er atau menggunakan kata more.  Contohnya meliputi faster, smarter, taller, more diligent, more friendly.

Superlative Adjective (Kata Sifat Superlatif)

Superlative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan tiga atau lebih benda atau orang, menunjukkan tingkat tertinggi dari suatu sifat atau karakteristik. Superlative adjective biasanya ditambahkan dengan akhiran -est atau menggunakan kata the most. Contohnya the largest, the smartest, the most friendly, the most beautiful.

Interrogative Adjective (Kata Sifat Tanya)

Interrogative adjective adalah kata sifat yang digunakan dalam pertanyaan untuk menanyakan jenis atau jenis-jenis suatu benda, contohnya what, when, where.

Proper Adjective (Kata Sifat Khusus)

Proper adjective adalah kata sifat yang berasal dari nama tempat, suku bangsa, atau orang tertentu, misalnya Japanese, Indonesian, Javanese.


Jenis-jenis Adverb

Adverb of Manner (Kata Keterangan Cara)

Adverb of manner adalah adverb yang memberikan informasi tentang bagaimana suatu tindakan dilakukan, contohnya quickly, carefully, well, politely.

Adverb of Time (Kata Keterangan Waktu)

Adverb of time adalah adverb yang memberikan informasi tentang kapan suatu tindakan dilakukan, misalnya now, yesterday, tomorrow, every day. 

Adverb of Place (Kata Keterangan Tempat)

Adverb of place adalah adverb yang memberikan informasi tentang di mana suatu tindakan dilakukan, contohnya there, here, at home.

Adverb of Frequency (Kata Keterangan Frekuensi)

Adverb of frequency adalah adverb yang memberikan informasi tentang seberapa sering suatu tindakan dilakukan, contohnya always, usually, rarely, never. 

Adverb of Degree (Kata Keterangan Derajat)

Adverb of degree adalah adverb yang memberikan informasi tentang sejauh mana atau seberapa kuat suatu tindakan dilakukan, contohnya very, highly, extremely, fully, almost, quite.

Interrogative Adverb (Kata Keterangan Tanya)

Interrogative adverb adalah adverb yang digunakan dalam pertanyaan untuk menanyakan informasi tentang waktu, tempat, cara, atau alasan, contohnya when, where, how.

Adverb of Reason (Kata Keterangan Alasan)

Adverb of reason adalah adverb yang memberikan informasi tentang mengapa suatu tindakan dilakukan, misalnya because, since.

Adverb of Condition (Kata Keterangan Kondisi)

Adverb of condition adalah adverb yang memberikan informasi tentang kondisi yang harus dipenuhi untuk suatu tindakan terjadi, misalnya if, although.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Whatsapp-Button