• Meningkatkan Kesuksesan Karier Penerjemah Lepas dengan Internet



    Kehadiran internet mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang profesi penerjemah. Dengan teknologi ini, pekerjaan menjadi jauh lebih fleksibel dan cepat terselesaikan. Dengan kata lain, koneksi internet adalah salah satu kebutuhan pokok bagi penerjemah.

    Bahkan, penerjemah lepas yang tidak terikat secara penuh oleh perusahaan tertentu hampir tidak bisa lepas dari teknologi ini. Perlu diketahui, internet juga menjadi faktor penunjang utama bagi hampir semua profesi. Seberapa pentingkah internet bagi para penerjemah?

    Internet sebagai Sumber Informasi dan Ilmu Pengetahuan

    Sejak pertama kali digunakan secara massal, internet telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Internet adalah pendorong lahirnya era informasi, suatu era yang hanya bisa dikuasai oleh mereka yang lebih dulu mendapatkan informasi aktual.

    Penerjemah harus memperdalam wawasan untuk mendukung profesinya. Dengan dukungan internet, gerbang ilmu pengetahuan terbuka lebar bagi penerjemah. Mereka bisa mengakses berbagai informasi baik yang berkaitan dengan bahasa/penerjemahan atau topik lainnya.

    Menerjemahkan adalah suatu proses rumit yang tidak hanya befokus pada bahasa sumber atau bahasa sasaran. Penerjemah juga harus bisa mencari titik temu antara dua bahasa tersebut untuk menyampaikan informasi atau ilmu di dalamnya. Penerjemah juga perlu mencari referensi khusus yang berkaitan dengan topik atau bidang ilmu dari teks yang akan diterjemahkan.

    Di internet, penerjemah bisa mengakses kamus atau ensiklopedia online sebagai referensi utama untuk memahami istilah khusus dalam suatu teks. Setelah memahami makna dan definisi dari istilah tertentu, penerjemah bisa menerjemahkan teks dengan lebih mudah.

    Internet sebagai Alat Komunikasi

    Internet adalah alat komunikasi yang perlu dioptimalkan oleh setiap penerjemah untuk berhubungan dengan sesama penerjemah atau klien. Dengan bergabung ke suatu komunitas penerjemah di dunia maya, penerjemah bisa mendapatkan banyak keuntungan.

    Penerjemah bisa ‘memanfaatkan’ penerjemah lain untuk membangun kariernya. Di suatu komunitas online, penerjemah senior tidak akan segan-segan untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dengan penerjemah pemula yang masih tertatih-tatih menjalani kariernya.

    Komunitas tersebut juga menjadi ajang untuk berbagi informasi penting mengenai proyek penerjemahan atau topik lainnya yang menarik untuk dibahas di kalangan para penerjemah. Dengan simbiosis mutualisme ini, semua penerjemah bisa membangun karier dengan lebih cepat.

    Internet juga bisa menjadi penghubung antara penerjemah dan klien (pengguna jasa penerjemah). Klien bisa berupa agensi penerjemah atau pengguna akhir dari terjemahan tersebut. Menjalin komunikasi yang efektif dengan klien adalah salah satu kunci sukses bagi penerjemah. Mereka tidak bisa meraih sukses dalam karier jika tidak ditunjang oleh klien yang membutuhkan jasa mereka.

    Selain itu, penerjemah bisa mengirimkan hasil terjemahannya dengan lebih mudah dan cepat melalui laynan surat elektronik. Bahkan, penerjemah tidak akan menemukan kesulitan untuk mendapatkan klien dari luar negeri sekalipun.

    Mencari Proyek Terjemahan  Melalui Internet

    Sebagai alat komunikasi, internet tentunya bisa digunakan untuk bertukar informasi apapun termasuk proyek terjemahan. Ada begitu banyak info lowongan kerja yang dipublikasikan di internet setiap hari. Tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan penerjemah untuk mendukung bisnisnya.

    Bagi penerjemah lepas, internet tetap menjadi sarana efektif untuk mendapatkan proyek atau klien baru. Untuk mendapatkan klien atau pengguna jasa terjemahan, penerjemah tidak perlu repot-repot lagi menyebar brosur.

    Cukup berkunjung ke website penerjemah seperti Proz.com atau Translatorscafe.com dan proyek terjemahan bisa diakses dengan mudah. Kedua situs tersebut adalah tempat bertemunya penerjemah dan pengguna jasa penerjemah tersebut. Penerjemah dipertemukan dengan agensi atau klien akhir.

    Untuk mendapatkan proyek baru, penerjemah juga perlu meyakinkan calon klien dengan membuat CV menarik untuk menujukkan kualitasnya sebagai seorang penerjemah.

    Internet sebagai Alat Promosi untuk Menjual Keahlian

    Untuk mendapatkan klien atau  proyek terjemahan baru, penerjemah juga perlu mempromosikan keahliannya di internet. Blog atau website juga bisa menjadi sarana yang cukup efekfit untuk mempromosikan jasa penerjemah dan membangun kredibilitas penerjemah itu sendiri.

    Dengan mempromosikan keahliannya, penerjemah bisa lebih aktif untuk mendapatkan klien atau proyek baru. Mereka tidak hanya menunggu proyek baru diumumkan oleh agensi atau pengguna akhir.
  • 0 comments:

    Posting Komentar