Apa Saja Perbedaan Utama Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris?

Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris adalah dua bahasa yang sangat berbeda, dilihat dari berbagai aspeknya, termasuk sejarah, kosakata, tata bahasa, dan budaya yang melekat. Saat ini, perkiraan jumlah penutur bahasa Inggris mencapai sekitar 1,5 miliar orang yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Angka ini bukanlah jumlah yang mengejutkan karena bahasa Inggris adalah bahasa resmi yang digunakan di banyak negara atau menjadi bahasa kedua di berbagai wilayah. Sementara itu, bahasa Indonesia adalah bahasa resmi di Indonesia yang menyandang status sebagai bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional yang wajib digunakan di lingkungan pendidikan (sekolah dan kampus) dan perkantoran (pemerintah maupun swasta). Bahasa ini juga memiliki sejumlah penutur di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Apa saja yang membedakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris?

Sejarah

Bahasa Inggris berasal dari keluarga bahasa Jermanik dan berkembang pesat di Kepulauan Britania sekitar abad ke-5 Masehi. Sementara itu, bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan lingua franca di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berasal dari keluarga bahasa Melayu-Polinesia.

Tata Bahasa

Bahasa Inggris memiliki tata bahasa yang bisa disebut lebih kompleks daripada bahasa Indonesia. Bahasa internasional memiliki konsep tenses yang tidak ada di bahasa Indonesia. Sebaliknya, bahasa Indonesia memiliki tata bahasa yang lebih sederhana, dengan sedikit perubahan bentuk kata dan tidak ada konjugasi untuk kata kerja.

Kosakata

Tentu saja, ada banyak perbedaan kosakata dalam kedua bahasa ini. Meskipun ada banyak kata serapan dari bahasa Inggris yang dipakai di bahasa Indonesia, kosakata dalam bahasa Indonesia didominasi dari bahasa Melayu. Bahasa Inggris sendiri mendapatkan pengaruh dari bahasa-bahasa Jermanik, Latin, Prancis, dan bahasa lain di daratan Eropa.

Sistem Penulisan

Bahasa Inggris menggunakan abjad Latin dengan 26 huruf, sedangkan Bahasa Indonesia juga menggunakan abjad Latin tetapi ditambah dengan 6 huruf tambahan (khususnya untuk suku kata dari bahasa daerah) dan beberapa tanda baca khusus dalam penulisan kata dan frasa yang benar.

Budaya

Bahasa adalah refleksi dari budaya dan konteks sosial dari suatu bangsa dimana bahasa tersebut digunakan dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Bahasa Inggris dipakai secara luas hampir di seluruh dunia sebagai bahasa internasional, terutama untuk kepentingan bisnis, akademik, dan pariwisata. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional di Indonesia dan dipakai dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk administrasi pemerintahan, pendidikan, dan media massa.


Meskipun terdapat banyak perbedaan signifikan, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia juga memiliki banyak kesamaan, termasuk struktur dasar bahasa manusia dan kemampuan untuk mengungkapkan gagasan dan berkomunikasi.


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Whatsapp-Button