• Mengenal Lebih Dekat Google Terjemahan

    Google Terjemahan - Google memberikan layanan penerjemah online gratisan bagi siapa saja yang perlu terjemahan instan. Layanan ini dapat digunakan untuk menerjemahkan puluhan bahasa. Jika Anda ingin menggunakannya, cukup masukkan teks, pilih bahasa sumber dan bahasa sasaran, dan terjemahan pun bisa didapatkan dalam sekejap. Layanan gratisan ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu melakukan registrasi atau proses yang berbelit. Artikel ini membahas lebih dalam mengenai Google Terjemahan berikut kelebihan dan kekurangannya.

    Kelebihan Google Translate
    Situs penerjemah online gratisan (Google Translate) bisa digunakan untuk menerjemahkan teks/dokumen apa pun dengan lebih cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik. Tetapi, kecepatan pada akhirnya juga dipengaruhi kecepatan akses internet Anda. Saat akses internet lambat, kecepatan menerjemahkannya juga jadi lambat. Bila Anda kebetulan menemukan website berbahasa asing, Google bisa langsung menerjemahkannya jika diintegrasikan dengan Google Chrome (browser).

    Google Terjemahan menyediakan layanan penerjemahan gratis untuk puluhan bahasa. Database mesin penerjemah ini memang sangat lengkap dan sering digunakan situs terjemahan lainnya. Bahkan, perangkat lunak ini dilengkapi fitur auto-detect language. Saat Anda mengetikkan suatu istilah, perangkat lunak ini bisa langsung mengenali bahasanya. Jika Anda melakukan typo, Google bisa menampilkan auto-suggestion sesuai dengan bahasanya.
    Google Translate memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Anda tidak perlu memiliki akun Google untuk memanfaatkan atau mengakses fasilitasnya.

    Layanan gratis merupakan daya tarik utama yang ditawarkan Google Translate. Untuk menerjemahkan puluhan bahasa hanya dalam hitungan detik saja, Google tidak menarik biaya  apa pun dari Anda. Bandingkan saja dengan harga software penerjemah yang dikomersialkan. Untuk hasil lebih baik, Anda tentu bisa menggunakan jasa penerjemah dengan layanan profesional seperti di penerjemah-online.com ini meski harganya relatif mahal.

    Bagaimana dengan kualitas terjemahannya? Meskipun hasilnya masih terasa janggal, terjemahan yang dihasilkan Google terjemahan sebenarnya masih dipahami sekilas terutama apabila Anda hanya perlu memahami garis besar suatu teks. Selain itu, kualitas terjemahannya cukup bisa diandalkan untuk teks umum  dengan bahasa yang tidak terlalu teknis.

    Kelemahan Google Terjemahan
    Kelemahan utama perangkat lunak penerjemah otomatis ini terletak pada kualitas terjemahannya yang tentunya tidak sebanding dengan jasa penerjemah profesional. Google Translate sangat tidak sesuai untuk menerjemahkan karya ilmiah untuk publikasi internasional misalnya atau karya sastra sebab keterbatasan mesin dalam mengenali konteks dan menghasilkan susunan kata yang sempurna.

    Jika Anda menggunakan layanan gratisan ini untuk terjemahan dokumen penting, tindakan ini akan sangat berisiko. Kualitas terjemahan sekaligus kerahasiaan dokumen Anda tidak terjamin. Sebagus apapun hasilnya, terjemahan tersebut masih perlu direvisi ulang oleh penerjemah (manusia). Jadi, jasa penerjemah dengan layanan profesional tentu jauh lebih baik daripada layanan gratisan semacam Google terjemahan meski harganya dirasa mahal.

  • 0 comments:

    Posting Komentar