Pertimbangan untuk Memilih dan Membeli CAT Tool

CAT tool adalah salah satu investasi penting bagi penerjemah terutama untuk mendukung karier dan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Ada begitu banyak pilihan yang ditawarkan dan setiap produk tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Tidak sedikit CAT tool yang ditawarkan dengan gratis, tetapi ada juga yang dijual dengan harga yang cukup fantastis. Jika ingin membeli CAT tool untuk mendukung karier, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Fitur
Kualitas CAT tool berbanding lurus dengan fitur yang ditawarkan. Translation memory dan terminology management adalah dua fitur utama yang ditawarkan dalam alat bantu penerjemah ini. Namun, software ini juga menyediakan fitur lain untuk memberikan nilai tambah tersendiri. Salah satu produk yang menawarkan fitur lengkap untuk mendukung penerjemahan adalah Trados.

Kemudahan
Sebagian CAT tool menawarkan fitur yang cukup kompleks dan mungkin bisa membuat pengguna awam kebingungan, tetapi pilihan lainnya dengan fitur yang sederhana dan mudah digunakan juga bisa menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Salah satu CAT tool yang menawarkan kemudahan tersebut adalah Wordfast Classic. Software ini bisa terintegrasi dengan Microsoft Word dan memberikan interface yang sudah familiar bagi penggunanya.

Popularitas
Bagi penerjemah yang bergantung pada agensi untuk mendapatkan job, popularitas CAT tool bisa menjadi faktor penting yang tidak bisa diabaikan. Dilihat dari aspek popularitas, Trados menempati urutan teratas karena kebanyakan agensi penerjemah mensyaratkan penggunaan produk ini untuk mengerjakan order terjemahan dengan volume besar.

Harga
Harga untuk CAT tool bisa gratis sampai puluhan juta rupiah. Jika penerjemah lebih mementingkan nilai daripada harga dan menganggap CAT tool sebagai sebuah investasi untuk karier mereka sendiri, harga tersebut tentu tidak menjadi kendala.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Whatsapp-Button