• Tips Memilih Penterjemah Bahasa Terpercaya

    Penterjemah bahasa – Tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan mampu memahami teks bahasa asing dengan benar. Menerjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu (terutama bila teksnya panjang dan terdapat banyak istilah-istilah asing yang membingungkan) akan memakan waktu cukup lama padahal tanggungan pekerjaan masih banyak. Oleh karena itu, banyak sekali situs-situs internet yang menyediakan penterjemah bahasa asing ke bahasa ibu atau bahasa lain. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda untuk mencari jasa yang menerjemahkan bahasa asing dalam bentuk dokumen.

    Pilih yang sudah profesional
    Penerjemah yang sudah profesional selalu disiplin terutama dalam memenuhi tenggat waktu atau deadline. Penerjemah yang masih baru biasanya masih kesulitan untuk memenuhi tenggat waktu untuk menerjemahkan dokumen berlembar-lembar karena mereka masih belajar, berlatih, dan beradaptasi. Jika Anda ingin mencoba menggunakan penerjemah baru, jangan langsung memberi kepercayaan sepenuhnya, berikan dokumen yang sedikit untuk mencoba kemampuannya.

    Terdapat 2 jenis penerjemah, yaitu penerjemah tersumpah dan penerjemah non-legal. Penerjemah tersumpah adalah penerjemah yang sudah disumpah secara hukum untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting seperti akta, ijazah, surat perjanjian, atau surat dan dokumen yang berisi data rahasia lainnya. Selain berkutat pada teks hukum, penerjemah yang tidak disumpah biasanya menerjemahkan teks atau dokumen umum seperti novel, buku, audio, dan lain sebagainya. Menghemat waktu kerja adalah salah satu manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan penterjemah bahasa profesional.

    Bandingkan tarif terjemahan
    Tarif untuk menerjemahkan dokumen atau teks yang dipatok oleh banyak penterjemah bahasa, tapi patokan dasarnya adalah Rp 152.000,00 per lembar atau kurang lebih Rp 600,00 per kata. Sebelum menentukan penerjemah yang ingin dipakai, terlebih dahulu Anda bisa membandingkan tarif beberapa penyedia jasa penterjemah. Penerjemah yang berani menetapkan tarif lebih mahal dari penerjemah lain sudah memiliki reputasi baik dan kualitas terjemahan yang jauh lebih balik. Sebaliknya, penerjemah dengan tarif murah sering menjadikan kliennya sendiri sebagai tumbal karena menerjemahkan ordernya secara serampangan hanya demi kejar setoran.

    Selidiki tingkat profesionalismenya
    Selain patokan tarif, penterjemah bahasa yang profesional akan memberikan rincian mengenai mekanisme penyerahan dokumen dan transaksi pembayaran dengan rinci, jelas, dan masuk akal. Jika dokumen yang ingin Anda terjemahkan bersifat sangat rahasia, mintalah pada penerjemah untuk menunjukkan sertifikatnya atau menandatangani non-disclosure agreement agar kerahasiaan dokumen Anda terjamin. Testimoni oleh pengguna jasa yang dipajang di situsnya bisa menjadi pertimbangan sejauh mana penterjemah bahasa tersebut dapat memuaskan kliennya.

    Minta sampel terjemahan
    Bila Anda masih belum yakin dengan hasil kerja penterjemah bahasa yang Anda pilih, mintalah pada penyedia jasa tersebut untuk menunjukkan sampel terjemahan yang pernah dikerjakan. Anda juga bisa memberikan tes dengan mengirimkan beberapa paragraf dari dokumen Anda untuk melihat kualitas terjemahannya. Penyedia jasa yang memiliki reputasi baik biasanya sering mendapat rekomendasi dari para kliennya untuk disebarkan ke calon klien lain.

    Minta revisi
    Penyedia penterjemah bahasa yang profesional akan dengan senang hati bersedia merevisi terjemahannya yang sudah diserahkan kepada klien. Apabila klien merasa kurang puas dengan terjemahannya, pihak penyedia jasa harus segera memperbaiki kesalahannya segera. Oleh karena itu, penting untuk terlebih dahulu mengecek terms of service atau mekanisme pelayanan mereka. Penyedia jasa yang profesional juga harus stand-by jika dikontak oleh klien yang mengajukan protes atau koreksi.

    Keterangan:
    Kata penterjemah sendiri bukanlah kata baku (kata yang tepat seharusnya penerjemah). Penggunaan kata penterjemah di sini hanya untuk tujuan SEO.

  • 0 comments:

    Posting Komentar