• Dari Mana Order Terjemahan Bisa Didapatkan?


    Penerjemah adalah salah satu profesi yang menjanjikan, terutama di era informasi ini, selama penerjemah tersebut pandai mencari order terjemahan. Bagi penerjemah freelance (pekerja lepas), mendapatkan order terjemahan merupakan tantangan tersendiri. Jumlah pesanan terjemahan tidak selalu tetap setiap bulan. Untuk mendapatkan order terjemahan yang banyak setiap bulan, penerjemah tidak hanya bisa mengandalkan satu sumber karena pesanan tersebut bisa didapatkan dari setidaknya lima sumber berikut ini:

    Penerbit
    Penerbit merupakan salah satu sumber order terjemahan yang paling menjanjikan karena penerbit bisa memberikan order lebih besar yang bisa dikerjakan selama 2 minggu atau 1 bulan penuh, tergantung dari kecepatan penerjemah tersebut dalam melakukan pekerjaannya. Jumlah halaman untuk satu buku bisa mencapai 300 – 500 lembar. Selain mendapatkan order dalam jumlah yang cukup menggiurkan, nama penerjemah bisa lebih mudah dikenal melalui buku terjemahan tersebut. Publikasi tersebut tentu akan memberi kemudahan dalam mendapatkan order-order selanjutnya.

    Agensi
    Agensi penerjemahan melayani pesanan terjemahan dalam beberapa bahasa sekaligus. Untuk mendapatkan order terjemahan, penerjemah bisa bekerjasama dengan agensi tersebut sebagai pekerja tetap maupun freelance.

    Teman
    Dengan memanfaatkan hubungan pertemanan, penerjemah juga bisa mendapatkan order terjemahan. Jika keahlian penerjemah tersebut bisa diandalkan, teman tidak akan sungkan untuk meminta bantuan secara langsung atau merekomendasikan keahlian tersebut ke pihak lain yang membutuhkan.

    Sesama penerjemah
    Penerjemah yang kewalahan menerjemahkan proyeknya sendiri tentu tidak akan segan untuk meminta bantuan penerjemah lain yang mungkin sedang kekurangan pesanan terjemahan. Hubungan kerjasama ini merupakan hal yang lumrah.

    Rekomendasi
    Jika penerjemah mampu menerjemahkan teks dari klien dengan hasil yang memuaskan, klien tersebut tidak akan enggan untuk merekomendasikannya ke teman atau kenalannya yang membutuhkan jasa penerjemah. Rekomendasi ini merupakan salah satu sumber order terjemahan yang paling ideal. Penerjemah tidak perlu berusaha untuk mempromosikan keahliannya karena sudah ada orang lain yang melakukannya.