• Rahasia Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

    Rahasia Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris - Bahasa adalah faktor yang sangat krusial dalam hal berkomunikasi. Di zaman sekarang, untuk menghadapi tantangan globalisasi dan kebutuhan tertentu, semakin banyak tuntutan agar kita menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris.

    Untuk kepentingan praktis, banyak orang yang ingin bisa berbahasa Inggris secara cepat. Apakah hal ini bisa dilakukan? Untuk menguasai bahasa Inggris kita tidak harus mengikuti kursus. Apalagi biaya kursus tersebut mungkin tidak terjangkau untuk seluruh kalangan. Siapa saja sebenarnya bisa menguasai bahasa Inggris, baik tukang becak, penjual makanan, karyawan hotel, atau murid sekolah. Siapa saja bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak. Berikut ini disajikan beberapa rahasia cara cepat belajar bahasa Inggris.

    1) Mendengarkan lagu berbahasa Inggris
    Mendengarkan lagu tampaknya adalah hal yang sepele dan sekaligus menyenangkan. Selain mendapat kesenangan, dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga bisa membuat Anda lancar berbahasa inggris. Agar proses belajar Anda berjalan dengan nyaman, pilihlah lagu yang Anda sukai. Dalam sehari, dengarkan lagu tersebut beberapa kali. Bisa saja dalam sehari Anda sudah bisa hafal lirik lagu tersebut. Setelah hafal, Anda bisa lanjutkan dengan mencoba memahami artinya atau menghafal liriknya sekaligus mencoba memahami maksudnya. Cara ini akan lebih mempercepat proses Anda dalam belajar bahasa Inggris.

    2) Perbanyak penguasaan kosakata
    Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah penguasaan kosakata. Dari yang terlihat iseng sampai yang tampak serius. Yang iseng misalnya saat Anda menemukan kata berbahasa Inggris dalam kemasan tertentu. Jika tidak tahu artinya, segeralah cari kata tersebut dalam kamus. Atau perhatikan benda-benda yang ada di sekitar. Dari sekian nama benda, benda mana yang belum Anda ketahui jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris?

    3) Menonton film
    Kegiatan ini sifatnya hampir mirip dengan mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris,  sama-sama terasa menyenangkan. Mungkin mendengarkan suara  berbahasa Inggris dalam film kadang terasa lebih sulit daripada saat mendengarkan lagu. Tapi, jika Anda ingin belajar bahasa Inggris, Anda harus melakukannya. Apalagi jika Anda selama ini terbiasa menonton film barat dengan subtitle. Ingat! Saat berbicara langsung, Anda tidak akan menjumpai subtitle di bawahnya.

    4) Menulis
    Membaca dan mendengar saja tidak cukup. Untuk menjajal kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, Anda juga harus menulis dalam bahasa Inggris. Tak perlu langsung yang rumit-rumit. Untuk tahap belajar, Anda bisa memulainya dengan menulis berbahasa Inggris saat berkirim pesan atau saat menulis status dan berkomentar di media sosial.

    5) Praktik!
    Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca tulisan “practice makes perfect”.  Ya benar! Praktik membuat Anda semakin menguasai sesuatu. Percuma saja Anda mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris atau merasa menguasai grammar bahasa Inggris jika tidak dipraktikkan. Kita tidak akan pernah tahu kemampuan kita secara nyata sebelum mempraktikkannya secara langsung.

    6) Jangan malu dan jangan takut salah
    Semua yang ahli juga berawal dari proses belajar. Seribu langkah dimulai dari satu langkah. Melakukan kesalahan juga adalah bagian dari proses belajar. Jadi jangan pernah malu untuk melakukannya. Bule-bule pun tidak akan menertawakan jika Anda salah memakai grammar. Justru Anda beruntung jika ada orang yang bersedia memberi tahu kesalahan Anda dalam berbahasa Inggris. Jika Anda tidak mempraktikannya, bisa jadi Anda tidak tahu di mana letak kesalahan Anda.

    Setelah membaca enam hal di atas, tidak sulit bukan untuk melakukannya? Selamat mempraktikkan rahasia cara cepat belajar bahasa Inggris.

  • 0 comments:

    Posting Komentar