• Panduan Menyusun CV Penerjemah Secara Efektif

    CV yang digunakan untuk mendapatkan proyek terjemahan atau melamar pekerjaan penerjemah in-house memang tidak berbeda jauh dengan CV biasa pada umumnya. Namun, CV untuk profesi ini harus sedikit dibedakan untuk menegaskan keseriusan pencari kerja atau penerjemah lepas. Berikut ini adalah beberapa informasi yang seharusnya dicantumkan dalam CV penerjemah.

    Informasi pribadi
    Penerjemah memang perlu memberikan informasi pribadi sebagai bahan pertimbangan bagi pemberi kerja. Namun, informasi yang diberikan tidak harus terlalu detail. Penerjemah hanya perlu mencantumkan nama lengkap (nama sebenarnya), tempat & tanggal lahir, gender, atau alamat email (baik primer maupun sekunder). Informasi-informasi yang tidak terlalu penting (misalnya, tinggi badan) tidak perlu dicantumkan.

    Riwayat pendidikan
    Penerjemah bisa mencantumkan riwayat pendidikannya mulai dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi. Pendidikan memang memiliki pengaruh terhadap kualitas terjemahan, tetapi keahlian lebih penting dan menjadi bukti profesionalitas penerjemah itu sendiri.

    Pasangan  bahasa
    Informasi mengenai pasangan bahasa perlu dicantumkan. Setidaknya penerjemah perlu menguasai satu bahasa asing sehingga bisa menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa ibu atau sebaliknya (Inggris – Indonesia atau Indonesia – Inggris).

    Daftar Klien
    Jika tidak terikat perjanjian NDA, penerjemah bisa mencantumkan nama klien terdahulu yang pernah menggunakan jasanya. Dengan mencantumkan nama tersebut, penerjemah bisa meyakinkan pengguna jasa / klien baru. Semakin banyak daftar klien (terutama dari perusahaan besar), CV menjadi lebih menarik (tentunya masih dibatasi sekitar 2 halaman).

    Proyek terjemahan
    Penerjemah juga bisa mencamtukan proyek terdahulu yang pernah dikerjakannya. Tidak semua proyek harus dicantumkan dalam CV karena akan memenuhi halamannya. Penerjemah cukup mencantumkan proyek dengan volume terbesar atau yang paling bergengsi saja.
  • 0 comments:

    Posting Komentar