Panduan Menyusun CV Penerjemah Secara Efektif

CV yang digunakan untuk mendapatkan proyek terjemahan atau melamar pekerjaan penerjemah in-house memang tidak berbeda jauh dengan CV biasa pada umumnya. Namun, CV untuk profesi ini harus sedikit dibedakan untuk menegaskan keseriusan pencari kerja atau penerjemah lepas. Berikut ini adalah beberapa informasi yang seharusnya dicantumkan dalam CV penerjemah.


Informasi pribadi
Penerjemah memang perlu memberikan informasi pribadi sebagai bahan pertimbangan bagi pemberi kerja. Namun, informasi yang diberikan tidak harus terlalu detail. Penerjemah hanya perlu mencantumkan nama lengkap (nama sebenarnya), tempat & tanggal lahir, gender, atau alamat email (baik primer maupun sekunder). Informasi-informasi yang tidak terlalu penting (misalnya, tinggi badan) tidak perlu dicantumkan.

Dapatkan terjemahan akurat dan profesional. Garansi revisi gratis dan jaminan dikirim tepat waktu. Pembayaran bisa setelah hasil diterima. Untuk pemesanan, silakan hubungi WhatsApp 0812-1506-0824 atau langsung klik wa.me/6281215060824

Riwayat pendidikan
Penerjemah bisa mencantumkan riwayat pendidikannya mulai dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi. Pendidikan memang memiliki pengaruh terhadap kualitas terjemahan, tetapi keahlian lebih penting dan menjadi bukti profesionalitas penerjemah itu sendiri.

Pasangan  bahasa
Informasi mengenai pasangan bahasa perlu dicantumkan. Setidaknya penerjemah perlu menguasai satu bahasa asing sehingga bisa menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa ibu atau sebaliknya (Inggris – Indonesia atau Indonesia – Inggris).

Daftar Klien
Jika tidak terikat perjanjian NDA, penerjemah bisa mencantumkan nama klien terdahulu yang pernah menggunakan jasanya. Dengan mencantumkan nama tersebut, penerjemah bisa meyakinkan pengguna jasa / klien baru. Semakin banyak daftar klien (terutama dari perusahaan besar), CV menjadi lebih menarik (tentunya masih dibatasi sekitar 2 halaman).

Proyek terjemahan
Penerjemah juga bisa mencamtukan proyek terdahulu yang pernah dikerjakannya. Tidak semua proyek harus dicantumkan dalam CV karena akan memenuhi halamannya. Penerjemah cukup mencantumkan proyek dengan volume terbesar atau yang paling bergengsi saja.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Whatsapp-Button