• Tips Meningkatkan Produktivitas Bagi Penerjemah Lepas

    Bagi penerjemah teks/dokumen, kecepatan penerjemahan sangat menentukan produkvitias atau jumlah lembar/kata terjemahan yang bisa mereka hasilkan per hari. Tanpa mengurangi kualitas terjemahan yang seharusnya menjadi hak klien, penerjemah bisa mempercepat proses penerjemahannya. Dengan produktivitas yang meningkat, secara otomatis, penghasilan penerjemah juga meningkat karena mampu mengerjakan lebih banyak proyek. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan.

    Membaca teks sekilas sebelum mulai mengerjakannya
    Sebelum mulai menerjemahkan teks, penerjemah seharusnya membaca teks sekilas untuk mengetahui gambaran umumnya dan memahami teks dengan lebih baik saat menerjemahkannya nanti. Sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak suatu proyek penerjemahan, penerjemah juga perlu membaca teksnya terlebih dahulu. Penerjemah tidak bisa sembarangan menerima order karena juga harus mempertimbangkan tingkat kesulitan teks yang akan diterjemahkannya. Jika teks terlalu sulit atau tidak sesuai dengan kemampuan penerjemahnya, permintaan order terjemahan tersebut bisa ditolak.

    Meningkatkan kecepatan mengetik
    Kecepatan mengetik sangat menentukan kecepatan proses penerjemahan. Jika penerjemah bisa menggunakan sepuluh jarinya untuk mengetik tanpa harus melihat keyboard, sangat mungkin bagi penerjemah untuk menerjemahkan 500 kata per jam. Dengan rate US$ 0,05 per kata, penghasilan yang didapatkan adalah US$ 25. Jika kecepatan mengetik masih kurang, mungkin penerjemah hanya mampu menerjemahkan 250 kata per jam saja dan hanya mendapatkan US$ 12,5. Dengan mengetik cepat, penerjemah bisa meningkatkan penghasilannya secara signifikan.

    Menggunakan CAT Tool
    CAT Tool adalah salah satu alat wajib bagi penerjemah terutama untuk meningkatkan produktivitasnya. Dengan bantuan software ini, penerjemah bisa mempersingkat waktu untuk menerjemahkan karena tidak perlu menerjemahkan dua kalimat yang sama. Namun, harga untuk software seperti ini cukup mahal.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    ORDER VIA WHATSAPP