• Ketahui Empat Kekurangan Bekerja Secara Freelance Ini



    Tidak selamanya menjadi freelancer itu menyenangkan karena kekurangan bekerja secara freelance ini juga cukup berat untuk ditanggung. Freelancer adalah pekerja bebas yang tidak terikat dengan perusahaan atau instansi apapun dan tentu sangat berbeda dengan pekerja kantoran.

    Freelancer mempunyai jadwal kerja yang tidak tetap karena mengerjakan order dari banyak klien. Pekerja kantoran mempunyai jadwal kerja tetap karena bekerja pada satu perusahaan. Dibandingkan dengan pekerjaan biasa pada umumnya, kerja freelance ini punya cukup banyak kekurangan.

    Tidak punya penghasilan tetap

    Salah satu kekurangan bekerja secara freelance yang cukup memberatkan adalah tidak adanya penghasilan tetap. Penghasilan freelancer selalu berubah-ubah setiap bulan karena mereka mengerjakan proyek yang berbeda-beda. Mereka tidak hanya fokus pada satu klien. Bahkan, mereka bisa jadi tidak mendapatkan satu pekerjaan pun selama berminggu-minggu jika order memang sedang sepi.

    Harus berusaha lebih untuk mempromosikan jasa

    Freelancer memang tidak harus membuang waktunya untuk perjalanan ke kantor, tetapi mereka membutuhkan waktu ekstra untuk mempromosikan jasa mereka atau membangun network dengan sesama freelancer. Tidak sedikit dana yang digunakan untuk melakukan kegiatan promosi jasa tersebut.

    Untuk mendapatkan kesan profesional, freelancer bisa menggunakan jasa web design, domain, dan hosting berbayar untuk membuat website. Selain itu, bergabung ke forum tertentu juga membutuhkan iuran keanggotaan yang dibayarkan per bulan. Sama seperti bisnis pada umumnya, klien hanya tahu bisnis kita jika bisnis tersebut dipromosikan.

    Tidak punya tunjangan

    Tidak punya penghasilan tetap dan tunjangan. Kedua kekurangan bekerja secara freelance tersebut membuat orang enggan untuk bekerja secara freelance. Tidak seperti pekerja kantoran yang bisa mendapatkan tunjangan tetap setiap bulannya, freelancer hanya mendapatkan upah dari proyek yang dikerjakan. Namun, freelancer bisa mengusahakan sendiri tunjangan tersebut. Atau, mereka bisa mengatur keuangan dengan lebih hati-hati.

    Dianggap tidak bekerja

    Freelancer kadang-kadang dianggap tidak bekerja karena mereka tidak punya kantor. Kebanyakan orang menganggap bahwa pekerjaan harus dilakukan di kantor dan terikat dengan perusahaan tertentu. Tampaknya, cukup sulit untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap pekerjaan ini.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    ORDER VIA WHATSAPP