Mengenal Ragam Jenis Teks Bahasa Inggris

Ada banyak macam teks yang bisa dijumpai dalam bahasa Inggris. Pada umumnya, teks-teks tersebut tidak berbeda jauh dengan yang ada di bahasa Indonesia. Setiap teks memiliki fungsi dan strukturnya masing-masing.


Descriptive Text
Descriptive Text memiliki struktur yang sederhana, yaitu identification dan description. Teks ini berfungsi untuk menjelaskan suatu objek (bisa berupa tempat, benda, hewan, atau apapun secara detail). Dengan membaca teks ini, diharapkan pembaca bisa memahami dan membayangkan objek yang dijelaskan, serta bagaimana bentuk atau wujudnya.

Explanation Text
Jika Descriptive Text menjelaskan suatu objek dari esensinya, Explanation Text ini lebih menekankan pada bagaimana sesuatu atau kejadian bisa terjadi, dengan menjelaskan prosesnya. Strukturnya terdiri dari general statement, explanation, dan kadang diakhiri dengan conclusion. Teks ini sering dijumpai pada penjelasan mengenai fenomena alam, bencana alam atau peristiwa social.

Recount Text
Recount ditulis sedemikian rupa untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang telah dialami oleh penulisnya di masa lampau, misalnya pengalaman saat traveling, mengikuti event, atau kejadian berkesan apapun yang sulit dilupakan. Struktur teks ini terdiri dari orientation, series of event, dan reorientation.

Narrative Text
Narrative Text merupakan kisah fiksi yang tidak ditulis berdasarkan kejadian nyata, berbeda dengan recount. Dalam bahasa Indonesia, kita lebih mengenalnya sebagai dongeng yang biasanya diceritakan menjelang tidur. Strukturnya terdiri dari orientation, complication, resolution, dan reorientation.

Report Text
Report ditulis untuk menyampaikan laporan atau informasi, bisa juga hasil penelitian. Dalam teks ini, objek dibahas secara umum, tidak seperti descriptive yang membahasnya secara detail. Struktur teksnya terdiri dari general classification dan description.

News Item Text
News Item menyampaikan suatu fakta tentang kejadian penting yang menjadi sorotan publik, dengan memasukkan aspek 5W 1H yang menjadi standar penulisan berita. Strukturnya terdiri dari main event, elaboration, dan resource of information.

Procedure Text
Jika Explanation Text menjelaskan bagaimana sesuatu bisa terjadi, Procedure Text menjelaskan secara rinci bagaimana cara melakukan sesuatu. Jenis teks ini bisa disebut juga tutorial, berisikan informasi step by step yang harus diikuti untuk melakukan atau membuat sesuatu. Strukturnya terdiri dari aim/goal, ingredients/materials, dan step/method.

Exposition Text
Exposition Text ditulis untuk menuangkan suatu gagasan atau opini tentang sesuatu yang sedang ramai diperbicangkan. Dengan kata lain, teks ini menyampaikan argumen penulisnya (dari satu sudut pandang) dalam menanggapi sebuah isu di masyarakat. Struktur teks eksposisi adalah thesis, argument, dan reiteration.

Discussion Text
Discussion Text ditulis untuk menyampaikan beberapa argumen (pro dan kontra) terhadap isu yang sedang terjadi di masyarakat, dilihat dari sudut pandang beberapa orang. Dengan kata lain, Discussion menanggapi suatu isu dengan perspektif yang lebih luas, tidak dari pendapat satu orang saja. Strukturnya terdiri dari statement of issue, supporting points, contrast points, dan recommendation.

Review Text
Review menyajikan ulasan atau penilaian terhadap sesuatu, bisa berupa produk atau suatu tempat wisata. Jadi, calon konsumen biasanya meluangkan waktu terlebih dahulu untuk membaca review sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Strukturnya adalah introduction, evaluation, interpretative, dan evaluation summary.

Anecdote Text
Anecdote menyampaikan suatu kisah/kejadian yang terjadi di masa lampu dengan cara unik dan lucu. Tujuannya untuk menghibur pembaca. Teks ini terdiri dari abstract, orientation, crisis, reaction, dan coda.

Spoof Text
Konten dari teks ini tidak jauh berbeda dengan Anecdote. Namun, akhir teks biasanya dibumbui dengan plot twist yang mengejutkan pembacanya. Spoof Text terdiri dari orientation, events, dan twist.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Whatsapp-Button